FANDOM

Nagari Republik Minapura (en: Republic of Minapore) adalah sebuah negara kota yang berlokasi di selat Makassar. Minapura terdiri dari 6 pulau yang membentang sejauh 50km. Pulau Siput menjadi yang terdekat dengan kota Makassar, Indonesia, berjarak sekitar 140km.

Minapura memiliki sejarah yang cukup panjang yang berawal dari pulau yang tidak berpenghuni menjadi salah satu negara tujuan investasi yang menjanjikan. Perekonomian Minapura disokong oleh industri manufaktur dan jasa. Minapura memiliki pelabuhan peti kemas yang besar dan canggih sehingga menjadikannya hub pelayaran laut penting bagi belahan bumi bagian selatan.

Negara ini juga memiliki keindahan bawah laut yang membuat banyak turis asing singgah. Pulau Payau yang berlokasi persis di tengah-tengah didaulat menjadi ikon pariwisata nasional Minapura karena terumbu karangnya yang masih asli. Sedangkan Tapan dan Sigalang telah menjadi ikon wisata metropolis bagi Minapura.

SejarahEdit

Tahun 1800-anEdit

Minapura awalnya hanya kepulauan kosong yang tidak berpenghuni sampai penjelajah Inggris yang hendak menuju Australia terdampar di pulau Tapan, yaitu Sir Alex Johnson pada tahun 1837. Sir Alex kemudian membangun pemukinan untuk para nahkoda kapalnya sampai bantuan dari Singapura tiba. Pulau tempat mereka terdampar dinamai Hopeful Island karena semua awak kapal sangat berharap bantuan tiba secepatnya.

Saat bantuan sudah datang dan mereka berhasil sampai ke Australia, Sir Alex mengusulkan untuk membangun tempat transit koloni di Hopeful Island. Selain karena lokasinya yang strategis, alam Hopeful Island memang sangat indah dan membuat Sir Alex jatuh cinta.

Usulan Sir Alex disetujui dan dia menjadi pemimpin untuk membangun dan memerintah Hopeful Island. Di tangannya, dibangun sebuah kota pelabuhan bernama Portdawn yang menarik kapal-kapal pedagang untuk transit sebelum melanjutkan perjalanan ke Batavia, Singapura, ataupun Australia.

Perkembangan Portdawn membuat Sir Alex meminta buruh untuk membangun kota sehingga Portdawn bisa lebih besar lagi. Maka dikirimlah 2000 orang asal Sumatera Barat untuk bekerja sebagai buruh bangunan maupun pekerja pelabuhan. Orang inggris asli dan orang minang hidup berdampingan membangun Portdawn karena Sir Alex tidak mau orang inggris asli memandang rendah orang minang yang mau bekerja dengan upah minim.

Pada tahun 1855, tampuk pemerintahan Portdawn berpindah setelah kematiah Sir Alex Johnson. Penggantinya adalah Sir Paul Matter yang mengangkat orang minang asli sebagai wakilnya.

Sir Paul meminta agar Inggris membiarkan Portdawn berdiri sendiri sebagai negara yang merdeka, karena menurutnya Portdawn bisa berkembang tanpa bantuan dari koloni inggris di Asia Tenggara maupun Australia. Hal itu membuat pemimpin koloni wilayah Asia Pasifik geram dan mengirimkan pasukan untuk menyerang Portdawn karena didakwa sebagai negeri pengkhianat. Orang-orang inggris di Portdawn dideportasi ke Australia sebagai tahanan, sementara orang minang dibiarkan di pulau karena keterbatasan kapal.

Awal abad 20 menuju pasca Perang Dunia IIEdit

Setelah ditinggalkan orang-orang Inggris, Portdawn hanya berpenduduk orang minang asli yang ditelantarkan. Adalah Muhammad Irsyad yang memulai untuk membangun kembali Portdawn yang telah hancur. Dia memimpin rakyat minang lainnya dan memulai kembali geliat ekonomi perdagangan di Portdawn.

Pada masa perang dunia I dan II, Portdawn dijadikan tempat Inggris untuk beristirahat. Irsyad menerima Inggris dengan tangan terbuka dan mengatakan bahwa Portdawn adalah negeri bebas dan terbuka, namun pendatang harus ikut pada peraturan adat minang yang sudah diberlakukan sejak Irsyad memimpin.

Pasca perang dunia ke II, Indonesia memproklamasikan kemerdekannya. Indonesia mengklain bahwa Portdawn adalah bagian dari Indonesia karena berada tepat di tengah-tengah kepulauan Nusantara. Rakyat Portdawn menerima menjadi satu dengan Indonesia, tapi mereka meminta perlakuan khusus. Pemimpin Indonesia menyetujuinya.